Rabu, 02 November 2011

Pengendalian Internal (Internal Control)

Dalam melaksanakan kegiatannya, organisasi menghadapi berbagai ketidak pastian yang akan berpengaruh pada efisiensi proses kegiatan tersebut serta efektivitas hasilnya. Keberhasilan mengenali dan mengukur besaran ketidak pastian tersebut, akan memungkinkan manajemen untuk memilih berbagai aktivitas pengendalian dalam rangka pengelolaan kegiatan dan resiko serta pemilihan metode tata kelola yang tepat yang mampu menyakinkan bahwa proses kegiatan dapat dikendalikan dan bahwa hasil kegiatan yang diinginkan dapat tercapai.
Pengendalian internal adalah segala hal untuk memastikan bahwa tujuan organisasi dapat tercapai. Pengendalian internal dapat berupa kebijakan, prosedur, alat-alat, dan tindakan untuk memastikan bahwa hal yang kita inginkan akan terjadi dan hal yang tidak kita inginkan tidak terjadi.

Pengendalian internal merupakan metodologi organisasi untuk menyakinkan bahwa tujuan yang telah ditetapkan akan dapat tercapai. Bentuk, luasan dan kedalaman pengendalian akan tergantung pada karakter operasi dan lingkungan dimana operasi organisasi akan dilaksanakan. Beberapa faktor penentu lain yang turut menentukan kedalaman dan luasan penerapan pengendalian dapat disebut misalnya adalah tujuan organisasi dan ukuran organisasi.
Referensi : Pengendalian Internal & Manajemen Risiko (YPIA, 2009)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More