Senin, 07 November 2011

Mengenal Sertifikasi QIA

Program Sertifikasi QIA


QIA (Qualified Internal Auditor) adalah gelar kualifikasi dalam bidang internal auditing, yang merupakan simbol kualitas dan professionalisme individu yang menyandang gelar tersebut. Gelar QIA merupakan pengakuan bahwa penyandang gelar telah memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang sejajar dengan kualifikasi internal auditor tingkat internasional.(The IIA Recognition)


QIA diberikan oleh suatu Dewan Sertifikasi yang terdiri dari atas pakar maupun praktisi senior dalam bidang internal auditing. Saat ini YP1A adalah satu-satunya lembaga yang diberi kepercayaan oleh Dewan Sertitikasi untuk menyelenggarakan pendidikan dan ujian sertifikasi QIA.

Gelar QIA diberikan kepada para kandidat yang telah lulus dari ±20 jenis ujian yang diselenggarakan dalam lima tingkat pendidikan sebagai berikut :










Guna memelihara kualitas pelaksanakan tugasnya, penyandang gelar QIA wajib mematuhi standar dan kode-etik profesi yang dikeluarkan oleh Dewan Sertifikasi, dan wajib mengembangkan dirinya melalui pendidikan profesional berkelanjutan (continuing professional education) paling sedikit selama 180 jam dalam 3 (tiga tahun). YPIA membantu Dewan Sertifikasi dalam menyiapkan dan memonitor pelaksanaan standar, kode-etik, dan program continuing profesional education.

Materi Pelatihan

Sertifikasi QIA
Materi pelatihan sertifikasi QIA dikembangkan berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Institute Internal Auditor dalam merumuskan pengetahuan dan keterampilan yang perlu dimiliki oleh seseorang sehingga memiliki standar kualifikasi internal auditor tingkat dunia. Pengetahuan/keterampilan tersebut adalah sebagai berikut:
Kategori
-
Jenjang Pelatihan
Peran Auditor Internal
dalam CG,
Pengendalian Intern
& Manajemen Risiko
Pelaksanaan
Penugasan Audit Internal
Analisis Bisnis &
Teknologi Informasi
Prinsip & Teknik Manajemen
Dasar I
Fondasi Audit Internal

Standar Profesi
Audit Internal
Akuntansi Keuangan

Manajemen Keuangan 

Perilalu Organisasi

Dasar II
Pengendalian Internal
& Manajemen Risiko
Perencanaan & Perangkat Penugasan

Teknologi Informasi I

Perpajakan

Keterampilan
Manajemen
Lanjutan I
Pelaksanaan Penugasan

Audit Sampling

Teknologi Informasi II


Manajemen Operasi

Ekonomi Mikro
& Makro
Lanjutan II
Fraud Auditing

Komunikasi Penugasan

Perencanaan Audit Tahunan

Audit Operasional & Kinerja

Akuntansi Manajemen

Teknologi Informasi III




 
Manajerial
Corporate Governance


Current Issues in Auditing





Peran Internal Audit dalam Good Corporate Governance 

Management Internal Audit Function I
Management Internal Audit Function II

Penugasan Assurance & Consulting

Internal Control Reporting








Management Quality

Presentation Skills

Communication Skills dalam Audit Internal




Manajemen Stratejik
Sebagaimana terlihat dalam bagan tersebut di atas, pelatihan dan ujian sertifikasi QIA dikelompokkan dalam empat kategori: pengetahuan mengenai proses internal auditing, penguasaan atas skill (keterampilan) internal auditing, pemahaman atas management control dan teknologi informasi, dan pemahaman atas lingkungan audit. Materi-materi dalam tiap kelompok tersebut diberikan secara bertahap dalam tingkat Dasar I, Dasar II, Lanjutan I, Lanjutan II, dan Manajerial, sesuai dengan sifat ketrampilan dan tingkat kompleksitasnya.

Referensi : www.ypia.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More